Pengertian
Strategi Korporat
Dalam literature manajemen stratejik, para peneliti mencoba mendefinisikan
manajemen strategi korporat sebagai berikut:
a. Strategi
yang menitikberatkan pada pertanyaan jangka panjang dan luas mengenai bisnis
apa yang akan dimasuki oles suatu organisasi dan apa yang diiinginkan dalam
bisnis tersebut. (Coulter, 2002:205)
b. Suatu
cara bagaimana perusahaan menciptakan nilai melalui konfigurasi dan koordinasi
dari aktivitas multi pasarnya. (Collis & montgomerry, 1998:[1]
Startegi
korporat tidak hanya sekedar opeasi kantor pusat. Apapun strategi yang dipilih
oleh perusahaan, kebanyaka penciptaan nilai direalisasikan oleh unit bisnis
perusahaan melalui kemampuan dalam memproduksi dan menyampaikan barang dan jasa
kepada para pelanggan. Oleh karena itu perusahaan harus mampu mensinergikan
aktivitas berbagai bisnisnya sehingga memperoleh keunggulan kompetitif dari
masing-masing unit bisnisnya. Strategi korporat perlu penguasaan strategi
bisnis, hubungan antara bagian dengan keseluruhan perusahaan, konfigurasi ruang
lingkup pasar, dan koordinasi antar unit bisnis yang dimiliki oleh perusahaan.
(Collis & montgomerry, 1998: 5-7)
Aspek
penting dalam strategi korporat yang mempengaruhi bagaimana suatu organisasi
mencapai tujuan dan sasaran stratejiknya adalah apakah organisasi tersebut
memiliki bisnis tunggal ataukah beroperasi dengan banyak bisnis.
1. Organisasi
bisnis tunggal dan organisasi multibisnis
Organisasi
bisnis tunggal terutama beroperasi pada satu industry sedangkan organisasi
multibisnis beroperasi pada lebih dari satu industry. Penggolongan organisasi
dengan bisnis tunggal dan multi bisnis ini penting karena mempengaruhi arah
stratejik keseluruhan organisasi, strategi korporat apa yang dianut, dan bagaimana
strategi korporat diimplementasikan dan dikelola. Selain itu, penggolongan ini
penting sebelum kita mendiskusikan bagaimana hubungan strategi korporat dengan
strategi fungsional dan strategi bersaing.
Mengaitkan
strategi korporat dengan strategi perusahaan
Ketika
strategi korporat membangun keseluruhan arah dan tujuan yang diharapkan oleh
suatu perusahaan, strategi perusahaan yang lain -fungsional dan kompetitif-
memberikan arti atau mekanisme untuk memastikan perusahaan untuk mencapai
tujuannya. Strategi korporat digunakan untuk mengendalikan perusahaan pada
tujuan tertentu, tetapi strategi perusahaan yang lainnya digunakan untuk
memastikan arah tujuan tersebut diikuti, dan memastikan untuk bisa mengerti dan
mengatur jika terjadi perkembangan yang signifikan. Gambar 8.1 menunjukkan
pentingnya kesesuaian strategi korporat dengan keseluruhan manajemen strategi
dalam proses aksinya.
Masing-masing dari berbagai macam tipe
strategi organisasi memainkan peran yang signifikan. Koordinasi dari
strategi-strategi organisasional tersebut diperlukan untuk mengatur organisasi
seccara stratejik. Strategi korporat tidak bisa diimplementasikan secara
efektif atau efisien tanpa dukungan dari sumberdaya perusahaan, kapabilitas,
kompotensi, yang dikembangkan dan digunakan sebagai strategi kompetitif dan
fungsional yang telah diimplementasikan dan dilakukan.
3. Alternative
arah strategi korporat
Ada
beberapa pilihan arah strategi korporat yang menunjukkan jenis strategi
korporat yang dipilih. Arah strategi korporat yang mungkin dilakukan adalah:
a. Strategi
pertumbuhan (growth strategy): bagaimana menggerakkan organisasi
kedepan. Bergerak kedepan berarti manajer stratejik perusahaan berharap
meningkatkan level organisasi, yakni tumbuh lebih cepat. Caranya adalah dengan melihat bermacam-macam
strategi pertumbuhan perusahaan dan memilih salah satu atau lebih yang
mendekati karakteristik dan sasaran organisasi pada situasi tertentu.
b. Strategi
stabilitas (stability strategy): bagaimana menjaga organisasi agar
stabil. Memilih untuk menjaga agar organisasi
berada pada tempatnya berarti tidak melaju ke depan namun juga tidak tertinggal
di belakang. Intinya merupakan strategi stabilitas organisasi.
c. Strategi
pembaruan (renewel strategy): bagaimana membalik kinerja organisasi
yang cendenrung menurun. Membalik
penurunan kinerja organisassi menggambarkan situasi dimana suatu organisasi
mempunyai masalah minor ataupun mayor dan mungkin tengah melihat suatu
kelemahan pada salah satu atau lebih area kinerjanya. Situasi tersebut secara
tipikal diselesaikan dengan menggunakan strategi pembaharuan organisasional.


0 Response to "management strategi korporat"
Post a Comment